PENGUJIAN DIMENSI FOCAL SPOT DENGAN MENGGUNAKAN FOCAL SPOT TEST TOOL PADA PESAWAT SINAR-X MEREK SHIMADZU DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD TUGUREJO SEMARANG

  • Lalu Alwinda Firdaus Universitas Widya Husada Semarang
  • ntan Andriani Universitas Widya Husada Semarang
  • Saifudin Saifudin Universitas Widya Husada Semarang

Abstract

Menurut Bushong (2013), frekuensi pengujian dimensi focal spot adalah satu tahun sekali dan batas toleransi yang diperbolehkan adalah ≤± 50 %. Pesawat sinar-X yang ada di Instalasi Radiologi RSUD Tugurejo Semarang merek Shimadzu model ZUD-L400 yang dibeli pada tahun 2012 belum pernah dilakukan pengujian dimensi focal spot. Pengujian dilakukan untuk mengetahui perubahan dimensi focal spot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional. Radiograf yang dihasilkan diobservasi oleh 3 responden, kemudian dilakukan rekapitulasi dan disesuaikan dengan tabel acuan nominal focal spot size, hasil pengujian dibandingkan dengan data awal pesawat sinar-X dan batas toleransinya adalah ≤± 50 %. Hasil penelitian menunjukkan dimensi focal spot masih dalam batas toleransi, dimensi focal spot besar (33,3%) dan dimensi focal spot kecil (-41,6%). Sebaiknya pengujian dimensi focal spot dilakukan secara berkala setiap satu tahun sekali.

Published
2017-07-21
How to Cite
FIRDAUS, Lalu Alwinda; ANDRIANI, ntan; SAIFUDIN, Saifudin. PENGUJIAN DIMENSI FOCAL SPOT DENGAN MENGGUNAKAN FOCAL SPOT TEST TOOL PADA PESAWAT SINAR-X MEREK SHIMADZU DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD TUGUREJO SEMARANG. RadX : Jurnal Ilmiah Radiologi, [S.l.], v. 2, n. 2, july 2017. ISSN 2527-6581. Available at: <https://journalwh.uwhs.ac.id/index.php/jdx/article/view/10>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)